Minggu, 24 Oktober 2010

Kontroler Wii Berdampak Buruk Bagi Kesehatan



Kontroler Wii Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
Nampaknya tidak semua perkembangan teknologi itu berdampak baik bagi kita. Salah satu indikasinya adalah hasil penelitian oleh para pakar kesehatan yang tergabung dalam Children’s Hospital of Philadelphia, yakni rumah sakit khusus bayi dan anak-anak, dimana menurut mereka game interaktif bisa berakibat buruk terhadap kesehatan kita. Dokter dan ahli medis tersebut mengklaim bahwa penggunaan perangkat game interaktif macam Nintendo Wii (Sony PlayStation Move?) bisa menimbulkan cedera pada pergelangan tangan, pundak, dan persendian kaki.
Berdasarkan data yang diterima pihak Children’s Hospital of Philadephia, jumlah pasien cedera dari kalangan gamer konsol meningkat setiap tahunnya. Data tersebut diambil dari US National Electronic Injury Surveillance System, yang berasal dari keseluruhan rumah sakit di AS, dimana terdapat hampir 700 kasus berhubungan dengan game selama periode tahun 2004-2009. Sebagian besar korbannya adalah anak berusia enam belas tahun (sampai kisaran usia 17 tahun), bahkan yang termuda masih berumur 1 bulan dan korban tertua adalah seorang kakek 86 tahun. Bagaimana bisa?
“Anak kecil berusia di bawah 10 tahun harus terus diawasi saat kita bermain game agar mencegah orang di sekitar kita mengalami cedera, yang sangat mungkin terjadi waktu bermain game interaktif,” ungkap Patrick O`Toole, kepala tim riset dan penelitian beranggotakan Robert Miller dan John Flynn dari Children’s Hospital of Philadelphia. Laporan menunjukkan kasus mata lebam dan cedera lainnya dikarenakan kontroler Wii yang terlepas dari genggaman si gamer, serta luka memar pada bagian tubuh lain yang misalnya terjadi akibat bermain game tinju di Wii dengan pacarnya. (putus dah abis memar-memar gene! ^_^)
Kasus unik lainnya yang tak kalah sensasional manakala efek yang dialami seorang gamer wanita setelah jatuh saat bermain Wii Fit Board yang ternyata mempengaruhi gairah seksualnya menjadi “sedikit” berlebihan. Apapun itu, KlikGame sendiri berpendapat bermain game pada dasarnya dari dahulu kala selalu “diupayakan” untuk berhubungan dengan kecelakaan kecil maupun berat agar lebih sedikit orang menghabiskan waktu bermain game, padahal asalkan gamer bisa lebih dewasa untuk tidak bermain secara berlebihan dan berusaha tidak merugikan orang sekitarnya, sah-sah saja kok bermain game :D Keep gaming and keep healthy Klikers! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar